Cara Mengatasi Invalid NIP Non PNS Dapodik 2018 B

Cara Mengatasi Invalid NIP Non PNS Dapodik 2018 B

--KODE IKLAN UNTUK DI ATAS ARTIKEL BAWAH JUDUL--
--KODE IKLAN DI TENGAH ARTIKEL--
Tadi siang Dapodik 2018.b untuk periode Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 telah resmi dirilis oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui website resmi dapodik. Saya, sebagai salah satu operator sekolah juga langsung bergegas Download dan mengginstal Versi terbaru Aplikasi Dapodik tersebut.

Langkah-langkah instalasinya sama seperti biasa, yaitu dimulai dengan mencopot atau men-unistal Versi lama, dan kemudian instal versi baru.

Pada saat instalasi, saya tidak menemukan masalah yang cukup berarti, secara kita kan Operator Sekolah Senior (wkwkwk sombong)

Singkat cerita, semua proses instalasi dan registrasi selesai. oh iya, kali ini Saya melakukan registrasi secara Online, soalnya ada pengalaman dari tahun sebelumnya banyak kasus di daerah saya yang sulit dan gagal saat genrete preffil. Oleh karena itu registrasi secara Online menjadi Pilihan saya untuk dapodik 2018.b ini.

Masalah Invalid NIP Non PNS

Ketika sebagian data sudah terisi dan diperbarui sesuai dengan keadaan sekarang, saya coba klik tombol validasi, dan ternyata pada tab GTK ada 1 data yang invalid, dengan keterangan "GTK a/n Warti, Status Kepegawaian Bukan PNS/CPNS Harap NIP dikosongkan".

Melihat keterangan invalid pada data kepegawaian tersebut, selanjutnya saya cek kolom NIP pada data Guru yang bersangkutan, dan ternyata tidak terisi apapun pada kolom tersebut, itu artinya kolom NIP terisi dengan benar, atau telah dikosongkan.

Kemudian saya coba refresh kembali tab validasi GTK yang tadi, tetapi keterangan invalid yang menyuruh mengosongkan NIP masih muncul.

Cara Mengatasi Invalid NIP Non PNS

Akhirnya saya cek kembali satu persatu kolom data pada GTK atas nama warti tersebut, ditemukanlah data yang tidak wajar yaitu pada kolom NIY/NIGK terisi tanda strip (-), disini feeling mulai bermain, dan saya rasa inilah yang menjadi penyebab data invalid tersebut, kemudian, saya hapus karakter strip (-) tersebut, sehingga pada kolom NIY/NIGK benar-benar kosong dan tidak ada satu karakter pun.
Masalah Invalid NIP Non PNS
Kosongkan NIY?NIGK
Setelah data di simpan, kembali saya cek Validasi pada tab GTK tadi, dan hasilnya alhamdulilah data invalid yang berisi keterangan disuruh mengosongkan NIP kini telah hilang.

Jadi buat rekan-rekan operator yang menemukan invalid data yang berisi keterangan  "GTK a/n Siapa Saja, Status Kepegawaian Bukan PNS/CPNS Harap NIP dikosongkan" itu masalahnya ditimbulkan dari adanya karakter yang tidak benar pada kolom NIY/NIGK, sehingga anda harus menghapusnya. Itulah cara mengatasi Invalid NIP pada GTK Non PNS di Dapodik Versi 2018.b. semoga bermanfaat.
 
--KODE IKLAN BUAT DI BAWAH AKHIR ARTIKEL--

6 Responses to "Cara Mengatasi Invalid NIP Non PNS Dapodik 2018 B"

  1. punyak saya kok tetep gak bisa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bapa reload, atau close dapodiknya, kemudian lakukan kembali langkah di atas, pokonya pada kolom NIY/NIGK jangan ada karakter apapun, dan pastikan saat disimpan terdapat keterangan sukses.

      Delete
    2. sama pak tetep nggak bisa, sudah di reload, hapus history, reset laptop, dan hapus NIY/NIGK tetap nggk bisa hilang invalidnya

      Delete
  2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete