[Memprihatinkan] Jalan ini Berubah Jadi Sawah

[Memprihatinkan] Jalan ini Berubah Jadi Sawah

--KODE IKLAN UNTUK DI ATAS ARTIKEL BAWAH JUDUL--
--KODE IKLAN DI TENGAH ARTIKEL--

Siposter. Tambaksari (22/3). Jalan yang terletak di Dusun Cipasang Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Ciamis Jawa Barat ini keadaannya sangat memprihatinkan, puluhan kubik lumpur dan material tanah serta babatuan menutupi seluruh badan jalan. Jalan yang penghubung antara Dusun Sukamulya dan Dusun Cipasang ini tergolong jalan pertanian, karena secapa primer jalan ini digunakan sebagai jalur transportasi pengangkut hasil pertanian di Desa Tambaksari. Tidak kurang dari 70 ton gabah kering tiap musimnya dihasilkan dari area pesawahan yang dihubungkan dengan jalan ini.
H.Sarkim (65) seorang petani yang memiliki sawah garapan di sekitar jalan tersebut mengeluhkan kondisi jalan ini.
"Hararese jalana, ngunjal gemuk oge biasanamah sok kana mobilkeun, tapi da ayeunamah jalana ngabelekuk jiga sawah kitu, kapaksa we kudu di panggulan. Komo deui engke pas usum panen, bingung ngunjalan pare teh, ari dipanggulan kalahka jahat buruhna, ari dikana mobilkeun moal hade, palingge ku motor, kitunage sok tara daraekeun nu ngunjalna." (susah jalannya, ngankut pupuk juga biasanya pake mobil, tapi sekarang kondisi jalan penuh lumpur seperti di sawah, terpaksa harus dipikul. Apalagi nanti pas musim panen, bingunng ngankut padi nya, kalau dipikul malah boros biayanya, kalo pake mobil gak bakalan bisa, paling juga pakai motor, itu pun jarang ada yang mau) ungkapnya.
Menurut Tarlam (58) Kepala Dusun Cipasang jalan ini sebenarnya sudah diajukan ke pihak pemerintah, namun belum terealisasi, tinggal menunggu waktu. Tarlam juga mengungkapkan bahwa jalan ini selama 5 tahun belakangan telah dua kali di rehab. "Tahun 2011 itu ada kucuran dana dari PNPM, tapi hanya cukup untuk membangun beberapa TPT dan pengedaman saja. kemudian kemarin 2015 ada dari Desa, tapi hanya cukup buat pengecoran dibagian yang parahnya saja, kalau yang selalu dipenuhi lumpur itu harus betul-betul dibenahi dulu saluran airnya, jalannya pun harus di tinggikan lagi" ungkap tarlan yang Siposter temui di Rumahnya.

Masyarakat setempat khususnya petani yang sering menggunakan jalan tersebut menginginkan segera terelisasi untuk rehab jalan ini supaya proses distribusi hasil pertaniannya tidak terhambat.
 
--KODE IKLAN BUAT DI BAWAH AKHIR ARTIKEL--

0 Response to "[Memprihatinkan] Jalan ini Berubah Jadi Sawah"

Post a Comment