Awas! Hal kecil ini dapat menurunkan IQ anda

Awas! Hal kecil ini dapat menurunkan IQ anda

--KODE IKLAN UNTUK DI ATAS ARTIKEL BAWAH JUDUL--
--KODE IKLAN DI TENGAH ARTIKEL--

Tinggi rendahnya nilai IQ seseorang dapat ditentukan dengan melalui serangkaian test yang dinamakan test IQ. Banyak orang ingin hasil test terhadap IQ mereka tinggi, karena tingginya nilai IQ menjadi patokan kepintarantaran orang tersebut.
Tetapi ada beberapa hal yang tanpa kita sadari dapat menurunkan tingkat IQ kita secara berkala. Hal tersebut antara lain:

Banyak mengkonsumsi makanan mengandung lemak jenuh
Hasil peneliti yang dilakukan di University of Montreal menemukan fakta bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh secara berlebihan dapat mempengaruhi kerja otak yaitu menurunkan saraf yang fungsinya mengendalikan dopamine. 

Mengkonsumsi buah-buahan mengandung fruktosa
Kenyataannya bahwa buah-buahan tidak selalu memberi efek positif. Beberapa buah yang mengandung banya gula fruktosa dapat mempengaruhi kadar dan kemampuan insulin yang ada dalam tubuh. Karena gula ini secara perlahan akan merusak otak yaitu dengan cara membuat otak berpikir lebih lambat dari biasanya. Tidak hanya pada buah-buahan, fruktosa juga dapat terkandung dalam madu dan sayur-sayuran.

Melakukan diet makanan berlemak
Walaupun ada anjuran untuk tidak konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, bukan berarti kita harus berhenti mengonsumsinya. Pasalnya, diet atau pun berhenti secara total mengonsumsi makanan tersebut juga akan memicu kerusakan yang cukup signifikan pada otak, atau membuat daya ingatan semakin menurun dan depresi.

Terlalu banyak melakukan banyak hal sekaligus
Ahli saraf Earl Miller berpendapat bahwa fungsi otak tidak dirancang untuk dapat memfasilitasi pikiran atau menjalankan banyak hal sekaligus. Apabila seseorang secara terus-menerus melakukan hal tersebut, maka fungsi kognitifnya akan semakin menurun dan secara lambat laun akan merasa kesulitan untuk berpikir kreatif dibanding sebelumnya. Pelaku hanya akan mengembangkan fungsi pikiran dan ide dalam otaknya secara dangkal.

‘Jet lag’ dan insomnia
Berkeley, seorang ilmuwan di University of California menemukan sebuah fakta bahwa kekurangan tidur atau mengalami perubahan ritme tidur akibat jet lag atau penyakit insomnia dapat merusak kinerja sekaligus fungsi kognitif otak dan jika terjadi dalam waktu yang panjang akan membuatnya otak rusak sepenuhnya.

Terlalu manja dengan teknologi
Jaman sekarang sudah sangat jarang orang yang mau berusaha menghafalkan nomor telepon rekannya, atau mencoba mencari tahu informasi tentang hal yang baru dengan membaca media cetak, karena sekarang sudah ada internet untuk membantu mencari informasi tersebut. Terlalu banyak mengandalkan teknologi akan membuat otak melemah,karena  jarang digunakan atau dipacu untuk terus bekerja keras, hal ini akan membuat daya ingatannya turun drastis.

Terlalu sering nonton sinetron dan Reality TV Show
Markus Appel psikolog berkebangsaan Austria, berpendapat bahwa mereka yang sering menonton sinetron, reality TV show atau seperti yang sering ditayangkan di beberpa TV Indonesia dapat mengganggu kerja otak khususnya pada fungsi kognitif. Selain itu,menonton acara tersebut secara terus-menerus dan dalam jangka waktu lama dapat membuat perilakunya berubah menjadi sosok karakter yang ia idolakan dari acara tayangan tersebut.

Mengunyah permen karet
Baru-baru ini sebuah penelitian menghasilkan sebuah fakta yang akan membuat banyak orang tercengang. yaitu bahwa mengunyah permen karet dapat merusak fungsi otak dengan membuatnya kehilangan fokus. karena, jika permen karet tersebut terlalu lama berada dalam mulut dan pengunyahan dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka orang tersebut akan dihadapi kesulitan untuk tidak bisa fokus melakukan apa pun kedepannya

 
--KODE IKLAN BUAT DI BAWAH AKHIR ARTIKEL--

0 Response to "Awas! Hal kecil ini dapat menurunkan IQ anda"

Post a Comment