Lembar Kerja Teori Belajar (PKB)

Lembar Kerja Teori Belajar (PKB)

--KODE IKLAN UNTUK DI ATAS ARTIKEL BAWAH JUDUL--
--KODE IKLAN DI TENGAH ARTIKEL--
Bila Anda seorang guru dan sedang menjalankan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) mungkin anda akan menemukan sebuah Lembar Kerja atau LK pada modul PKB Kelompok Kompetensi B Guru Kelas Bawah. Lembar kerja tersebut kurang lebih seperti ini:

Lembar Kerja 01 Teori Belajar

AKTIVITAS : LK. 01 TEORI BELAJAR

Bacalah dengan cermat dan seksama dan diskusikan materi dengan sesama guru peserta diklat agar dapat memahami pengertian teori belajar, mengapa guru mempelajari teori belajar, peran hakekat belajar untuk merumuskan berbagai teori belajar dan dalam membedakan behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme dan humanisme.

Berikut Siposter Post akan memberikan beberapa referensi terkait Lembar kerja tersebut :

Pengertian Teori Belajar Secara Singkat

Secara ringkas dapat dikatakan teori belajar merupakan hukum-hukum/prinsip-prinsip umum yang melukiskan kondisi terjadinya belajar

Alasan guru perlu mempelajari teori belajar

Alasan mengapa guru perlu mempelajari teori belajar adalah Sebagai sebuah landasan dalam menerapkan materi pembelajaran yang bersifat pembentukan kepribadian; Untuk memberi dorongan kepada para siswa agar menjadi sosokmmanusia yang bebas dan tidak terikat oleh pendapat orang lain serta mengatur dirinya sendiri dengan penuh  tanggung jawab tanpa mengurangi hak-hak orang lain atau melanggar aturan, norma, dan etika yang ada; Dapat mengindentifikasikan tingkat keberhasilan aplikasi teori; Mengetahui berbagai macam prilaku siswa atau ciri-ciri siswa serta menemukan cara-cara untuk menyikapinya; Mampu menciptakan berbagai suasana belajar yang aktif dan dinamis;  Untuk membantu menyalurkan serta mengoptimalkan potensi masing-masing siswa.

Peran hakekat belajar untuk merumuskan berbagai teori belajar

Belajar adalah suatu proses yang berlangsung di dalam diri seseorang yang mengubah tingkah lakunya, baik tingkah laku dalam berpikir, bersikap, dan berbuat, oleh sebab itu perlu dirumuskan sebuah atau berbagai teori untuk dapat menciptakan suatu proses pembelajaran dengan baik.

Perbedaan antara Berbagai teori Belajar

Perbedaan antara teori behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme dan humanisme adalah : Behaviorisme didasarkan pada pola tingkah laku baru yang diulang-ulang sampai menjadi sesuatu yang otomatis. Kognitivisme didasarkan pada proses berpikir dibalik tingkah laku yang terjadi. Perubahan tingkah laku diobservasi dan digunakan sebagai indikator untuk mengetahui apa yang terjadi dibalik pikiran siswa. Konstruktivisme didasarkan pada pernyataan bahwa kita semua mengkonstruk pengetahuan kita sendiri dari lingkungan untuk memperoleh pengalaman dan skema. Humanisme memandang bahwa belajar adalah untuk memanusiakan manusia.

Itulah sedikit referensi yang Siposter Post berikan untuk mengerjakan Lembar Kerja  01 Teori Belajar pada Modul kelompok kompetensi B, semoga membantu
 
--KODE IKLAN BUAT DI BAWAH AKHIR ARTIKEL--

0 Response to "Lembar Kerja Teori Belajar (PKB)"

Post a Comment