Mengatasi Jumlah Jam Maksimal Pendidikan Agama Hanya 2 Jam

Mengatasi Jumlah Jam Maksimal Pendidikan Agama Hanya 2 Jam

--KODE IKLAN UNTUK DI ATAS ARTIKEL BAWAH JUDUL--
--KODE IKLAN DI TENGAH ARTIKEL--
jam_maksimal_pendidikan_agama_2_jam
Seperti kita ketahui, beberapa hari yang lalu telah rilis aplikasi dapodik untuk semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 atau para operator menyebutnya dengan dapodik versi 2018 .b. secara umum memang fitur dan tanpilan tidak bebeda jauh dari versisebelumnya.

Jika versi baru sudah muncul, biasanya masalah baru pun datang, jika postingan sebelumny kita membahas Cara Mengatasi Invalid NIP Non PNS Dapodik 2018 B, sekarang kita bahas masalah jam maksimal untuk mata pelajaran pendidikan agama hanya 2 jam.

Dengan menurunnya  jam maksimal pada mata pelajaran Pendidikan Agama, baik itu agama islam, Krtisten, Katolik, dan sebagainya membuat pengelola dapodik kebingungan, karena ini akan berimbas pada tidak terpenuhinya target jam mengajar minimal per mingu untuk guru pendidikan agama.

Jangan dulu panik ya bapa ibu operator sekalian,

Baiklah sekarang mari kita mulai pecahkan masalah ini,

Jam Maksimal Pendidikan Agama Hanya 2 Jam

Sebenarnya saya pribadi, yang kebetulan bekerja sebagai operator sekoah, awalnya merasa bingung, entah apa yang menyebabkan berubahnya jumlah jam maksimal ini, namun saya tidak begitu mengkhawatirkan dampak atas perubahan ini, sebab Guru Agama Islam yang mengajar di sekolah saya statusnya masih non pns dan belum mendapat tunjangan fungsional, sehingga, meskipun tidak terpenuhinya jumlah jam mengajar sebanyak 24 jam, takan ada imbasnya bagi Guru Agama ini.

Karena saya tidak terlalu mengkhawatirkan atas dampak perubahan tersebut, selanjutnya saya mengisi pembelajaran seperti biasa, dengan menitik beratkan perhatian pada Guru yang berstatus PNS atau guru yang sudah mendapat tunjangan profesi.

Mohon maaf tapi, bukan berarti saya tidak peduli dengan kualitas data GTK yang berstatus non PNS, tapi ya seperti kita ketahui lah, kalau ada data nvalid yang menyebabkan tidak turunnya tunjangan guru, kan operator sekolah sendiri yang sering jadi sasaran.

Oke lanjut, dan kembali pada persoalaan.

Lakukan Singkronisasi

Setelah semua data diisi, katakanlah lengkap, kemarin saya coba singkronisasi, dengan kondisi jam pelajaran agama hanya 2 jam.

Selesai singkronisasi, saya close aplikasi dapodik, dan ternyata setelah di singkronisasi, jumlah jam maksimal untuk mapel pendidikan agama berubah menjadi 3 jam. Tanpa pikir panjang, saya edit dan menambah jumlah jam tersebut yang sebelumnya hanya 2 menjadi 3 seperti biasanya.

Kesimpulan


Jadi, intinya begini, untuk mengatasi jumlah jam maksimal pendidikan agama yang hanya 2 itu, cukup dengan menyikronisasi data dapodik dengan server pusat. Dan secara otomatis jumlah jam maksimalnya akan kembali normal seperti biasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
 
--KODE IKLAN BUAT DI BAWAH AKHIR ARTIKEL--

0 Response to "Mengatasi Jumlah Jam Maksimal Pendidikan Agama Hanya 2 Jam"

Post a Comment