Soal Latihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Di Sekolah Dasar

Soal Latihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Di Sekolah Dasar

--KODE IKLAN UNTUK DI ATAS ARTIKEL BAWAH JUDUL--
--KODE IKLAN DI TENGAH ARTIKEL--


1. Makna yang paling penting dalam Pembelajaran Tematik Terpadu lebih menekankan pada ....
A. dengan adanya pemaduan antar mata pelajaran maka penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat
B. guru lebih mudah dalam memberikan pembelajaran karena bisa menghemat waktu dalam membuat tema yang sudah disusun secara nasional.
C. keterlibatan peserta didik dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.
D. dengan menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi mata pelajaran akan terjadi penghematan, karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan
Jawaban : keterlibatan peserta didik dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.

2. Aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi inti 4 adalah .... 
A. siswa menjelaskan perkembangan alat transportasi 
B. siswa membedakan gambar alat transportasi tradisional dan modern
C. siswa mengidentifikasi gambar alat transportasi tradisional
D. siswa menceritakan tentang perkembangan alat transportasi
Jawaban : siswa menceritakan tentang perkembangan alat transportasi

3. Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan KD Mendeskripsikan perkembangan makhluk hidup adalah....
A. siswa membuat poster tentang bagian-bagian bunga 
B. siswa membuat laporan pengamatan perkembangbiakan tumbuhan 
C. siswa menceritakan perkembangbiakan tumbuhan 
D. siswa menyebutkan jenis-jenis penyerbukan pada tumbuhan
Jawaban : siswa menyebutkan jenis-jenis penyerbukan pada tumbuhan

4. Pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik disebut ....
A. Pembelajaran Terpadu 
B. Tematik Terpadu
C. Pembelajaran Bermakna
D. Model Pembelajaran
Jawaban : Tematik Terpadu

5. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan BSNP, Tujuan Umum KTSP adalah ....
A. menciptakan paradigma baru pengembangan kurikulum, yang otonomi luas pada setiap satuan pendidikan, dan pelibatan pendidikan masyarakat dalam rangka mengefektifkan proses belajar-mengajar di sekolah
B. Memberi ide tentang pengembangan kurikulum yang diletakan pada posisi yang paling dekat dengan pembelajaran, yakni sekolah dan satuan pendidikan. 
C. sekolah dan komite sekolah mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan
D. semandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum
Jawaban : semandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum

6. Model Pembelajaran yang menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui, masalah yang diperhadapkan kepada peserta didik semacam masalah yang direkayasa oleh guru adalah model ....
A. Project Base Learning 
B. Problem Base Learning 
C. Learning by Doing 
D. Discovery Learning
Jawaban : Discovery Learning

7. Salah satu ciri utama pembelajaran discovery learning, adalah ....
A. pembelajaran dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai materi ajar
B. bahan ajar tidak disajikan dalam bentuk akhir tetapi siswa dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan untuk membuat kesimpulan
C. melakukan berbagai kegiatan brainstorming untuk mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario 
D. terjadinya pembelajaran bermakna dengan menerapkan pengetahuan yang dimiliki Jawaban : bahan ajar tidak disajikan dalam bentuk akhir tetapi siswa dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan untuk membuat kesimpulan

8. Menurut Kurikulum 2013 ranah yang paling banyak diajarkan untuk siswa SD adalah ....
A. pengetahuan 
B. pengetahaun yang seimbang dengan keterampilan
C. sikap
D. keterampilan
Jawaban : Sikap

9. Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan, Kurikulum yang lahir tahun 2004 disebut juga dengan ....
A. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/ KTSP 
B. Kurikulum Rencana Pendidikan
C. Kurikulum Berbasis Kompetensi/KBK
D. Kurikulum Rencana Pelajaran Terurai
Jawaban : Kurikulum Berbasis Kompetensi/KBK

10. Yang merupakan penguatan tatakelola dalam kurikulum 2013 adalah ....
A. satuan pendidikan dan guru diberikan kewenangan menyusun silabus
B. pemberdayaan sekolah dan satauan pendidikandengan memberikan otonomi yang lebih besar 
C. satuan pendidikan dan guru tidak diberikan kewenangan menyusun silabus, tetapi disusun pada tingkat nasional
Jawaban : satuan pendidikan dan guru tidakdiberikan kewenangan menyusun silabus, tetapi disusun pada tingkat nasional

11. Urutan hirarkis Kurikulum 2013 disusun sesuai dengan urutan Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator. Hal ini dimaksudkan untuk ....
A. mengembangkan RPP 
B. menentukan pendekatan pembelajaran
C. menjaga konsistensi ketercapaian kompetensi
D. keperluan penilaian
Jawaban : menjaga konsistensi ketercapaian Kompetensi

12. Pendekatan saintifik untuk komponen mengamati dalam pembelajaran tematik .... 
A. peserta didik mendengarkan suara-suara hewan 
B. peserta didik mengidentikasi jenis hewan peliharaan
C. peserta didik bercerita tentang hewan peliharaannya 
D. peserta didik membandingkan hewan peliharaan dengan hewan liar
Jawaban : peserta didik mendengarkan suara-suara hewan

13. Peraturan Menteri yang mengatur pemberlakuan kurikulum 2006 dan 2013 adalah ....
A. Permendikbud No. 104 Tahun 2014 
B. Permendikbud No. 103 Tahun 2014 
C. Permendikbud No. 79 Tahun 2014 
D. Permendikbud No. 160 Tahun 2014
Jawaban : Permendikbud No. 160 Tahun 2014

14. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan, Merupakan kegiatan dalam pendekatan saintifik berupa ....
A. mengomunikasikan (communicating) 
B. mengasosiasi/mengolah Informasi (associating) 
C. mengamati (observing)
D. mengumpulkan Informasi /Mencoba (experimenting)
Jawaban : mengasosiasi/mengolah Informasi (associating)


 
--KODE IKLAN BUAT DI BAWAH AKHIR ARTIKEL--

0 Response to "Soal Latihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Di Sekolah Dasar"

Post a Comment